Permas Lampri Bebagi dan Peduli di Bulan Suci Ramadhan

By Redaksi SR 24 Apr 2022, 15:35:08 WIB Riau
Permas Lampri Bebagi dan Peduli di Bulan Suci Ramadhan

Keterangan Gambar : Istimewa


PEKANBARU – Masyarakat yang tergabung dalam Persaudaraan Masyarakat Lampung Provinsi Riau (PERMAS LAMPRI) Sabtu 23/4/2022 bertepatan 21 Ramadhan 1443 H menggelar buka bersama dengan tema “Peduli dan Berbagi di bulan Suci Bersama Permas Lampri”.  

Puncak acara di gelar di Jl. Bupati Desa Kualu Kubang Raya yang diisi dengan Pembagian Paket Sembako kepada anggota dan masyarakat sekitar, santunan anak yatim, tausiah agama dan ditutup dengan buka bersama.

“Kegiatan Peduli dan Berbagi ini adalah kegiatan rutin tahunan dari Permas Lampri. Ini adalah tahun ke 2 kami mengadakannya dengan sumber pendanaan dari donasi anggota dan sumbangan pihak ketiga. Alhamdulillah ada peningkatan yang luar biasa  jika dibanding dengan tahun yang lalu yang hanya 23 paket, sementara tahun ini kami bisa membagikan 90 paket sembako dan memberikan santunan anak yatim/piatu sebanyak 8 anak,” kata kordinator acara Pamuji.

Ditambahkan Darmo selaku Pendiri dan Penasehat Permas Lampri, Permas Lampri sebagai paguyuban masyarakat asal Lampung Provinsi Riau yang dibentuk dengan dasar nilai persaudaraan dan dijalankan dengan sistem gotong royong membantu sesama.

“Kegiatan Peduli dan Berbagi di bulan suci Bersama Permas Lampri adalah aplikasi dari nilai-nilai yang kita pedomani, terlebih dalam bulan suci Ramadhan dimana semestinya kita lebih meningkatkan dan mengasah rasa kepedulian sosial terhadap sesama. Kegiatan ini diharapkan menjadi perekat baik antar anggota Permas Lampri maupun dengan warga sekitar,”ucap Mbah Darmo.

Ustad Jajang Gozali dalam tausiahnya menyampaikan bahwa Peduli dan berbagi termasuk dua perbuatan yang dapat dikategorikan sebagai implementasi dari sifat tolong-menolong, dan ini diperintahkan Allah swt. dalam Surat Al-Maidah ayat 2: “….Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran…”.

Selain dihadiri ratusan anggota Permas Lampri utusan dari 9 DPD Kabupaten/Kota,  kegiatan ini juga dihadiri oleh H. Sugianto, SH, MH Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Riau selaku Dewan Pembina Permas Lampri, Suroso Ramli Ketua Umum Permasa Jateng, H. Katino PKNS, Akhlakul Karim Sekjen Permata Pusat, Sulaiman A Pagar nusa, staff dan pimpinan PT. Pegadaian Area Pekanbaru serta masyarakat sekitar Kubang Raya.

Dalam kegiatan buka bersama ini juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT. Pegadaian dengan 3 (tiga) Koperasi, yaitu Koperasi Konsumen Permas Lampri Jaya, Koperasi Permata Nusantara Jaya dan Koperasi KPU Tekad Anak Negeri. Perjanjian kerjasama pemasaran produk dan layanan pegadaian kepada anggota koperasi dengan tujuan untuk memperoleh manfaat yang saling menguntungkan dengan mengoptimalkan dan mendayagunakan sumberdaya yang dimiliki oleh koperasi guna mendukung program koperasi dan PT. Pegadaian. Pegadaian sendiri memiliki banyak produk dan layanan yang bisa dimanfaatkan oleh anggota koperasi antara lain; gadai emas, tabungan emas, arrum haji, amanah (pembelian kendaraan) dan juga memberikan kesempatan anggota koperasi untuk menjadi agen pegadaian, demikian disampaikan Amrul Fahmi yang mewakili pihak pegadaian.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PERMAS LAMPRI, Sunaryo Salamun juga berkesempatan menyampaikan pesan kepada seluruh keluarga besar PERMAS LAMPRI, agar senantiasa memupuk rasa persaudaraan sesama anggota Permas Lampri khususnya dan warga sekitar umumnya. Kegiatan Peduli dan Berbagi diharapkan bisa menjadi perekat dalam hubungan antara anggota Permas Lampri dengan warga sekitar sebagai bagian dari pembauran. Sehingga keberadaan masyarakat asal Lampung yang ada di Riau bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan di Riau.”Sama-sama kita ketahui, bahwa dengan kurang lebih 5.000 kk anggota Permas Lampri yang tersebar di 9 Kabupaten/Kota adalah potensi yang luar biasa untuk kita kembangkan baik dalam kegiatan ekonomi, pendidikan, sosial dan kemasyakatan. Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Permas Lampri yang telah menunjukan sikap kepedulian dan mau berbagi untuk sesama dengan mengumpulan donasi secara swadaya.  Kegiatan peduli dan berbagi juga didukung oleh PT. Pegadaian (pesero), Graviz Adv dan Relawan Jokowi (RISatu Jokowi). Semoga ke depan kegiatan ini dapat terus ditingkatkan sebagai bagian dari kontribusi Permas Lampri membangun Provinsi Riau yang berdaya saing” ujarnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment