Bengkalis MEWAH...Ada Tanaman Budidaya Gerunggang

By Redaksi SR 27 Agu 2020, 20:52:43 WIB Ekonomi
Bengkalis MEWAH...Ada Tanaman Budidaya Gerunggang

Keterangan Gambar : Istimewa


BENGKALIS (SURABAYA.COM)- Untuk kepastian hukum terhadap budidaya tanaman gerunggang,  Guberbur Riau serahkan 12 Surat Keputusan Hutan Hak Tanaman Budidaya Gerunggang (HHTB) kepada 12 petani Gerunggang binaan LSM IPMPL. 

Penyerahan SK oleh gubernur pada (22/08/2020) di taman andam dewi kelurahan rimba sekampung Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis. 

Jumlah yang diserah secara simbolis 12 SK, yang semuanya hampir ratusan SK dengan jumlah kebun gerunggang hampir 300 hektar. 

Penggas dan pembina petani budidaya Gerungang Solihin dan selaku ketua LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) mengatakan, pihaknya terus bergerak memberikan motivasi kepada masyarakat bahwa melakukan budidaya Gerunggang di lahan gambut.

Yang mana untuk setiap hektar dua kali panen. Yaitu panen pertama usia 6,5 tahun dan panen kedua 9,5 sampai dengan 10 tahun bisa menghasilkan miliyaran rupiah. 

Kemudian dibawah pohon gerunggang bisa dilakukan tumpang sari tanaman vanili yang harga nya perkilo Rp 5 juta - Rp 7 Juta. 

Menurutnya lagi manfaat budidaya gerunggang di lahan gambut cukup banyak, selain untuk komersil, ia juga. "Mampu membantu upaya pencegahan Karlahut, penyelamatan gambut, pelestarian lingkungan,"terang Solihin. 

"Kalau sudah bernilai milyaran rupiah pasti lahan gerunggang tersebut akan dijaga oleh masyarakat, sehingga terus dirawat dan jika sudah lahan tersebut bersih mana mungkin terjadi nya kebakaran, " ujarnya

Selanjutnya menurut Solihin lagi, setelah berjuang begitu panjang sejak tahun 2019 sampai dengan tahun 2020 ini, setelah Kadis LHK Propinsi di jabat oleh pak M.Murad ada puluhan Kelompok Tani Hutan untuk registrasi telah ditanda tangani nya. 

"Kami cukup berterima kasih kepada pak M.Murad, karena beliau betul-betul tanggap. Di KTH yang kita ajukan itu terhimpun ribuan masyarakat dari 4 kecamatan untuk ribuan hektar lahan-lahan gambut telantar yang akan kami tanami pohon Gerunggang insyallah, "tutup Solihin.***




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment