Zulmansyah Sekedang Pimpin Hipka Riau, Rahman Alba:Hipka Tidak Memikirkan Politik, Tapi Usaha

By Redaksi SR 26 Okt 2019, 22:18:37 WIB Ekonomi
Zulmansyah Sekedang Pimpin Hipka Riau, Rahman Alba:Hipka Tidak Memikirkan Politik, Tapi Usaha

Keterangan Gambar : Istimewa


PEKANBARU (SUARARAYA.COM)-Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Pengusaha Korps Alumni HMI (Hipka), Rahman Alba melantik Dewan Pengurus Wilayah Hipka Riau periode 2019-2024 di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis (26/10/2019).  

Rahman dalam sambutannya memaparkan bawa Hipka sudah dibentuk sekitar sepuluh tahun lalu dan pihaknya telah melantik sebanyak 24 DPW Hipka se-Indonesia. Sedangkan mandat pembentukan Hipka Riau sebenarnya sudah ada sejak 2011 namun baru tahun ini terbentuk kepengurusannya.

"Belum banyak yang tahu tentang Hipka. Hipka ini wadah bagi alumni HMI pengusaha. Kita pada saat duduk di Hipka tidak memikirkan politik tapi usaha," kata Rahman.

Menurut Rahman, selama ini orientasi HMI cenderung pada politik sehingga banyak melahirkan politisi, namun belum banyak kader yang berorientasi pada bidang usaha.

"Yang ada di pikiran kader HMI umumnya politik, politikus yang dilahirkan HMI cukup banyak. Tidak perlu saya sebutkan lagi. Kalau kita lempar batu ke Senayan itu, pasti kena orang HMI, begitulah saking banyaknya kader HMI," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa salah satu tujuan dalam deklarasi berdirinya Hipka adalah menciptakan sebanyak-banyaknya pengusaha dari alumni HMI.

"Jadi, jangan Hipka yang bawa proposal mencari dana. Sebaliknya saya mendengar sambutan dari ketua baru Hipka Riau sangat optimis bahwa Hipka tidak pernah menolak proposal adik-adik dari HMI," ucapnya.

Selain itu, Rahman menyebut Hipka siap bersinergi dengan Gubernur Riau dalam memajukan dunia usaha di Bumi Lancang Kuning.

"Kami menitipkan Hipka di Provinsi Riau menjadi teman Bapak Gubernur. Kami yakin kelebihan intelektual anggota Hipka, yang dilatih dan dididik sejak di HMI, insya Allah mampu memeberikan masukan kepada Pemrintah Provinsi Riau," ujarnya.

Hal senada dikatakan Ketua DPW Hipka Riau, Zulmansyah Sekedang. Dia menyebut alumni HMI yang menjadi pengusaha di Riau belum banyak jumlahnya.

"Kader HMI yang menjadi pejabat sudah biasa, banyak alumni HMI jadi pejabat dan politisi, bahkan disebutkan ada 8 menteri di kabinet saat ini dari HMI. Tapi yang jadi pengusaha memang terbatas," ungkapnya.

Dia mengatakan kepengurusan Hipka yang baru terbentuk di Riau baru memulai menghimpun dan mendata alumni-alumni muda HMI yang berkecimpung di dunia usaha, khususnya di sektor UMKM.***

 

 

 

 

 

Penulis : Satria
Editor    : M Kurniawan 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment