Terdakwa Akhirnya Dibebaskan dari Tahanan

By Redaksi SR 29 Nov 2018, 08:06:34 WIB Riau
Terdakwa Akhirnya Dibebaskan dari Tahanan

Keterangan Gambar : Ilhamdi,  SH.,  MH


PANGKALANKERINCI (SUARARAYA.COM)-Pengadilan Negeri Pelalawan akhirnya memeriksa perkara Nomor: 252/Pid.Sus/2018/PN.Plw mengabulkan eksepsi (nota keberatan)  yang dilayangkan Kuasa Hukum Ilhamdi,  SH.,  MH dari kantor Ilhamdi,  SH., MH and Partners. 

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut Ilhamdi SH MH membenarkan hal tersebut. 

Iya alhamdulillah,  sekarang masih proses di Pengadilan Tinggi karena Jaksa Penuntut Umum mengajukan perlawanan ke Pengadilan Tinggi. Surat dakwaan jaksa dinyatakan batal demi hukum oleh majelis hakim, sehingga klien saya (terdakwa) dibebaskan dari tahanan,"ujar Ilhamdi kepada suararaya.com, Rabu (28/11/2018).

Menurut dia, kasus yang diklasifikasikan perlindungan anak ini prosesnya cukup panjang. Mengingat terdakwa telah lama ditahan dengan beberapa kali perpanjangan penahanan oleh Kejari Pelalawan dan Pengadilan Negeri Pelalawan. 

Ilhamdi, SH.,  MH menambahkan, pihaknya punya persepsi yang berbeda dengan teman-teman penegak hukum mengenai status terdakwa. 

Menurut dia lagi, terdakwa adalah anak, sedangkan menurut teman-teman kepolisian dan jaksa itu sudah dewasa. Sehingga proses penanganan perkaranya tentu berbed.

Yang jelas, kata dia, masalah lokus dan tempus delictinya menjadi perdebatan yang alot jika ini berlanjut. "Harapan kita tentunya hukum tetap berjalan sesuai koridornya. Keadilan bisa diperoleh sehingga menjamin kepastian hukum dan bermanfaat bagi para pihak,"ucapnya.

Dalan kasus klasifikasi perlindungan anak sebagaimana diatur dalam Pasal I ke 66 yakni Pasal 81 ayat (2) jo 76d UU RI No. 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan Pasal I ke 67 yakni Pasal 82 ayat (1) jo Pasal 76e UU RI No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.***

 

 

 

 

Editor : M Kurniawan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment