Rusia datangi Riau Berbagi Pengetahuan Tangani Karhutla, Bawa Alat Canggih

By Redaksi SR 13 Nov 2019, 09:56:41 WIB Riau
Rusia datangi Riau Berbagi Pengetahuan Tangani Karhutla, Bawa Alat Canggih

Keterangan Gambar : Foto : Satria/Suararaya.com


PEKANBARU (SUARARAYA.COM)-Pelatih dari Rusia berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai penanggulangan bencana di Indonesia, khususnya di Riau. 

Ini terungkap dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengenalan Peralatan Kebencanaan Berupa pompa pemadam kebakaran yang dilaksanakan, di Hotel Aryaduta. Selasa (12/11/2019) malam.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Riau, Edward Sanger, Dirut Peralatan BNPB RI Rustian, dan instansi terkait lainnya. 

Pelatih dari Rusia, Alexander mengatakan,  pentingnya peningkatan kapabilitas dan kapasitas dalam respon bencana. Menurutnya, peningkatan kapabilitas dan kapasitas ini salah satunya dapat diperoleh melalui kerjasama dalam latihan gabungan.   

"Saya menceritakan beberapa tahun  lalu kita bertemu dengan BPBN Pusat diJakarta.Kita dari perusahaan membuat persentase produk yang ada di company perusahaan kita.BNPB memilih salah satu produk kita Compa Geizha," ujarnya kepada wartawan.

Dikatakatan, BNPB meminta pihaknya untuk memproduksi sebuah alat dan bukan pompa,melainkan Malltiro Projeck.

Alat ini sambungnya,  mempunyai fungsi sekaligus mampu melakukan penangulangan kebakaran hutan gambut yang ada di Provinsi Riau. 

Alexander menambahkan, sering terjadi kebakaran hutan dan gambut di Provinsi Riau ada banyak alat dan orang untuk memadamkan, tepati tidak ada sumber air untuk memadamkan kebakaran hutan dan gambut besar tersebut.

Sebab itu lanjutnya, pihaknya mempromosikan Pompa Pemadam Kebakaran ini. 

"Alat ini bisa menyuplai air dari jarak 10 kilo meter dan bisa juga memadamkan api dari jarak 1 km. Sekaligus mampu memadamkan kebakaran lahan gambut sampai dengan kedalaman empat meter," jelasnya.

Dijelaskannya, alat ini bukan hanya bisa berfungsi untuk memadamkan kebakaran lahan dan gambut saja, tetapi bisa memampung dan membuang air di daerah banjir yang terjadi di Provinsi Riau dengan membuang air ketempatnya.

Dirut Peralatan BNPB RI Rustian
menyampaikan, tantangan yang harus dihadapi, khususnya bagaimana membangun strategi yang komprehensif dalam penanggulangan bencana.  

Dia menjelaskan bahwa sudah pernah dilakukan pelatihan gabungan ini. Salah satunya untuk menguji mekanisme lokal, nasional, dan internasional dalam respon darurat, serta bagaimana mengelola bantuan internasional yang datang ke Indonesia. 

Sementara itu Kepala BNPBD Riau, Edward Sanger, menyebutkan, dalam kegiatan pelatihan ini  membawa tim dari Rusia yang sangat mahir dan ahli dibidang kebakaran lahan dan gambut.***

 

 

 

 

 

 

Penulis : Satria
Editor    : M Kurniawan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment