Menyikapi Karhutla, Melarang Membakar dengan Solusi dan Sosialisasi

By Redaksi SR 07 Nov 2019, 11:19:06 WIB Nasional
Menyikapi Karhutla, Melarang Membakar dengan Solusi dan Sosialisasi

Keterangan Gambar : Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto (kiri) dan Anggota DPR RI Komisi IV DPR RI Effendi Sianipar (kanan) /ilustrasi/internet


JAKARTA (SUARARAYA.COM)-Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi dalam beberapa bulan terkahir ini harus menjadi perhatian khusus bagi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Perlu ada terobosan untuk mengurangi jumlah titik api dan melakukan tindakan preventif agar kejadian serupa tak terulang lagi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah Pemerintah melakukan pendampingan ke masyarakat.

Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto mengingatkan tantangan itu dan meminta pemerintah untuk segera mencari solusi jangka panjang guna mengurangi karhutla. 

Meski solusi itu tak bisa diperoleh dengan mudah, Bambang yakin pemerinah mampu melakukannya secara konsisten agar kabut asap yang muncul setiap tahun bisa diminimalisir.

“Dengan demkian, masyarakat bisa memaksimalkan areal pertanian tanpa harus menebangi dan membakar pepohonan untuk membuka lahan. Tentu ini menjadi jalan tengah untuk menanggulangi karhutla," jelas politisi Partai NasDem ini.


Sementara itu menurut anggota Komisi IV lainnya, Effendi Sianipar, dalam menyelesaikan permasalahan karhutla yang terjadi setiap tahun pemerintah harus hadir memberikan pembinaan serta pendampingan ke masyarakat, melibatkan lintas kementrian. 

"Langkah konkret dinilai bisa dilakukan bisa saja dengan mengubah pola tanam di daerah rawan kebakaran dengan memberikan bibit unggul, pupuk berkualitas, kapur dolomit, peralatan pertanian modern. Dengan begitu  teknologi pertanian secara terpadu hasil panennya bisa optimal, " ucap Politisi PDI P ini 

Selain itu, sambung legislator dapil Riau itu, peranan pemerintah  dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat harus terus dilakukan. 

"Solusi dan pendampingan,paling bijak adalah pemerintah bisa terus bersosialisasi, secara terus menerus, " pungkasnya. ***

 

 

 

 

 

 

Sumber : Humas DPR RI
Editor     : M Kurniawan 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment