Koordinasi, Mendagri Tito Bersama Kapolri Idham Ingin Pilkada 2020 Aman, Polisi Netral

By Redaksi SR 01 Nov 2019, 12:20:49 WIB Politik
Koordinasi, Mendagri Tito Bersama Kapolri Idham Ingin Pilkada 2020 Aman, Polisi Netral

Keterangan Gambar : (Ilustrasi/internet)


JAKARTA (SUARARAYA.COM)-Mendagri Tito Karnavian menyatakan siap berkoordinasi dengan penggantinya sebagai Kapolri, Jenderal Idham Azis untuk mengurus pilkada serentak 2020. Selain dengan Polri, Kemendagri juga akan bekerja sama dengan TNI di bawah pimpinan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Pasti. Itu pasti dengan Pak Idham dan Panglima TNI," ujar Tito usai pelantikan Idham sebagai Kapolri di Kompleks Istana, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).

Dalam Pilkada serentak 2020, ada 270 daerah yang melakukan pemilihan. Tito menyebut tinggal mengatur administrasi soal kerja sama dengan Polri dan TNI.

"Sehingga tinggal mengatur administrasi nya," sebutnya.

Selain terkait Pilkada, Kemendagri juga terus melakukan kerja sama dengan Polri di tiap-tiap daerah. Kedua instansi tergabung dalam forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda).

"Kita harapkan nanti ada kekompakan di tiap-tiap daerah di antara forkompimda," kata Tito.

"Dalam konteks di atas sebagai pembina kepala daerah, saya selaku mendagri tentunya akan mendorong para kepala daerah untuk membangun sinergi yang bagus dengan kepolisian, dengan TNI, Kajati dengan pengadilan tinggi, dengan ketua DPRD. Kalau kompak forkompimda, daerah itu akan aman-aman saja," lanjut Jenderal Purnawirawan Polri itu.

Sebelumnya Jenderal Idham Azis menjamin netralitas kepolisian saat pergelaran Pilkada Serentak 2020. Hal tersebut ia sampaikan dalam fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10).

"Netralitas Polri saya katakan, saya beri jaminan, Polri netral. Bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 kami semua Polisi netral, " jelasnya. ***

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : detik.com
Editor     : M Kurniawan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment